Pages

4 Juni 2014

Kebanyakan Minum Air Putih Juga Bahaya

Air putih dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan. Namun, bila kebanyakan mengkonsumsi air putih ternyata bisa membahayakan. Kadar air putih di dalam tubuh harus seimbang sehingga fungsinya benar-benar maksimal.

Anjuran yang biasa kita dengar adalah agar mengkosumsi air putih minimal
8 gelas atau setara dengan 2 liter/hari. Namun, bagusnya konsumsi air putih itu tidak lebih dari 2 sampai 3 liter. Lebih dari itu sudah membahayakan apalagi buat penderita ginjal, karena takarannya sudah berbeda. Bagi orang tua usia 65 tahun ke atas juga tidak bagus mengkonsumsi air putih terlalu banyak, cukuplah 1,5 liter.

Bagi penderita ginjal, walau sudah diobati, fungsi ginjal tidak lagi sama seperti sedia kala. Untuk itu asupan air putih harus dikurangi untuk mengurangi beban kerja ginjal.

Pernyataan di atas disampaikan oleh Dr.dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, pada hari ginjal sedunia. Ahli ginjal hipertensi di RSCM ini juga mengatakan kelebihan mengkonsumsi air putih dapat mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam darah. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat mengakibatkan ngantuk dan cepat lelah. Hal ini akan membuat cairan tubuh menjadi encer dan berlebihan. Akibatnya sel-sel tubuh akan membengkak diikuti dengan pembengkakan otak yang akan menyebabkan kejang bahkan kematian.

Untuk pemenuhan asupan air putih 8 gelas atau 2 liter per hari, ada baiknya untuk dicicil mulai dari bangun tidur. Di awal hari konsumsilah 1 sampai 2 gelas dan diperbanyak waktu siang. Sangat tidak dianjurkan meminum air putih dalam porsi banyak sekaligus.(sumber: detikHealth) (www.tanyaopoo.blogspot.com)




0 komentar:

Posting Komentar