Pages

7 Juni 2014

Saat Kita Kepanasan, Air Jadi Penolong Atau Musuh?

Sahabat tanyaOPOO, mungkin anda pernah terpapar matahari yang sangat panas sehingga anda merasa gerah dan haus. Dalam kondisi seperti itu yang anda butuhkan pastilah air. Ada yang ingin langsung minum air es atau ada juga yang langsung ingin menceburkan diri ke kolam yang dingin. Mendapatkan air saat kondisi kepanasan dan kehausan memang bisa menghilangkan dahaga dan gerah, tapi apakah tindakan meminum air es dan menceburkan badan ke kolam renang yang dingin menyehatkan?
Akan kami jelaskan di artikel Saat Kita Kepanasan, Air Jadi Penolong Atau Musuh?

Kita akan bahas dulu mengenai minum air es setelah terpapar panas matahari. Dilansir dari Steadyhealth, minum air es atau air dingin setelah tubuh terpapar matahari berbahaya bagi tubuh. Bahayanya dimana sahabat tanyaOPOO? Meminum air es saat kita baru terpapar matahari membuat pendinginan di dalam tubuh jadi lama dan akan menyebabkan stres pada sistem kekebalan tubuh. Ada baiknya anda meminum air dingin saja (bukan es) saat hari panas.

Anda juga wajib meminum 1,5 liter air saat hari panas sehingga tubuh tetap terhidrasi (terhidrasi kebalikan dari dehidrasi). Air mineral sangat bagus untuk di minum dan hindarilah air es. Selain itu, hindari minum kopi, teh atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Kenapa? Karena minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan peningkatan penguapan di dalam tubuh sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Bagaimana dengan menceburkan atau berenang saat kita kepanasan? Seperti di lansir dari GeniusBeauty (14/7/2010, penelitian membuktikan bahwa berenang di air yang dingin saat kondisi lingkungan panas, terlebih saat tubuh sedang terpapar matahari adalah sangat membahayakan tubuh. Saat kondisi tubuh terpapar matahari, maka berenang atau berendam di air yang dingin akan menyebabkan kejang di pembuluh darah. Hal ini disebabkan adanya perubahan suhu yang sangat drastis dan tiba-tiba.

Bagi orang yang kondisi kesehatannya normal, mungkin tidak terlalu berbahaya. Namun, bagi penderita gangguan kardiovaskular, berenang saat panas akan membahayakan karena bisa memicu serangan jantung.
Bagaimana dong kalau sudah kepanasan dan ingin segera menceburkan badan ke kolam yang dingin? Ada baiknya agar berteduh dulu beberapa saat agar suhu tubuh menurun setelah itu baru berendam atau berenang di air dingin.

Itulah penjelasan kami untuk artikel Saat Kita Kepanasan, Air Jadi Penolong Atau Musuh? Semoga sahabat tanyaopoo puas dengan informasi menarik ini dan kunjungi blog kami untuk mendapat info kesehatan lainnya di www.tanyaopoo.blogspot.com. Pastikan info kesehatan anda kuasai sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak baik untuk Kesehatan anda, keluarga dan Kesehatan Anak anda. Tetap sehat, Tetap semangat.

Berita terkait:
Kebanyakan Minum Air Putih Juga Bahaya
Kunyah Es Batu, Anda Akan Langsing?
Mau Menikah Hindari Makanan Ini

Mungkin anda tertarik?
15 Besar Situs Top Dunia
Mau Cek Situs Top Kategori Dewasa Di Dunia?


2 komentar:

Ana Sriwahyuni mengatakan...

benar, reaksi tubuh hampir sama dengan ketika kita memasukkan air panas kedalam botol plastik, tentu botol itu akan mengkerut karena kepanasan. Begitu juga dengan kondisi tubuh, akan mengalami perubahan vasodilatasi atau vasokontriksi secara mendadak dan hal itu sangat tidak baik

jordan mengatakan...

Ana sriwahyuni: Setuju mba Ana, perubahan suhu secara drastis yang bisa membuat pembulu darah kejang.

Posting Komentar