Pages

22 November 2015

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes ternyata memunculkan gejala dini yang tidak kita sadari. Para dokter telah menyarankan agar berhati-hati dan segera cek kadar gula darah jika mengalami ciri-ciri atau gejala seperti di bawah ini :

1. SERING BUANG AIR KECIL

Ciri yang pertama yang muncul ketika kita terkena diabetes adalah sering buang air kecil (poliuri). Buang kecil ini biasanya volumenya banyak dan paling sering terjadi di malam hari. Hal ini terjadi karena kadar gula yang melebihi nilai ambang ginjal atau lebih dari 180 mg/dl, dan akhirnya gula akan keluar bersama urine (air kencing). Baca Juga: Sudah Besar, Anak Masih Sering Ngompol, Atasi Dengan Ini

Agar urine yang mengandung gula bisa keluar membuat urine menarik air sebanyak-banyaknya
dari dalam tubuh sehingga urine yang mengandung gula keluar dari dalam tubuh.

2. CEPAT LAPAR

Ciri atau gejala berikutnya adalah cepat lapar secara berlebihan (poliphagia). Penyebab cepat lapar adalah karena kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke sel sehingga otot dan bagian tubuh melemah dan kehabisan energi. Otak akan mengira melemahnya otot dan bagian tubuh lainnya disebabkan kekurangan makanan sehingga otak dengan segera mengirim sinyal lapar. Baca Juga: Makanan dan Minuman Panas Jangan Di Tiup, Kenapa?

3. SERING MERASA HAUS

Sering merasa haus (polidipsi) menjadi ciri lain untuk penderita diabetes. Baca juga: Kebanyakan Minum Air Putih Juga Bahaya. Karena kita merasa haus, maka kita akan meminum air sebanyak mungkin yang membuat kita akan sering buang air kencing. Saat anda sering merasa kehausan, hati-hati, jangan asal meminum minuman yang manis-manis. Karena ini akan semakin menambah gula darah anda. Baca juga : Jangan Minum Teh Saat Makan, Ini Bahayanya

Itulah ciri-ciri atau gejala awal penyakit diabetes. Jika anda mengalami ke-3 ciri-ciri di atas, mulailah mengurangi makanan atau minuman yang manis-manis. Cara mudah untuk mendeteksi kita sudah terkena diabetes adalah dengan mengambil urine kita lalu di tuangkan ke tanah dan lihat apakah dikerumini oleh semut. Jika dikerumuni semut berarti kadar gula nya sudah tidak normal lagi. Segeralah cek jika ciri-ciri di atas sudah anda alami.

0 komentar:

Posting Komentar