Pages

29 Desember 2015

Ini Cara Tes Bakso Mengandung Borax, Ambil Tusuk Gigi dan Kunyit.

Menghalalkan berbagai cara untuk meraih untung besar banyak ditemukan akhir-akhir ini. Tak jauh-jauh, sebut saja pedagang bakso. Mungkin sudah biasa kita mendengar bakso yang dicampur borax. Tujuannya jelas, agar bakso yang di jual tetap kenyal dan tahan lama. Ini cara kotor pedagang bakso yang sama sekali tidak memperdulikan efek yang ditimbulkan borax tersebut. Padahal, jajanan yang satu ini begitu banyak penggemarnya. Mulai dari anak-anak sampai orangtua. Untuk diketahui borax merupakan senyawa kimia yang memiliki efek racun yang sangat berbahaya bagi metabolisme tubuh.

Bagaimana Cara Tes Bakso Yang Memakai Borax?

Bakso yang memakai borax dan tidak memakai borax sangatlah sulit dibedakan. Apalagi saat lapar yach... Sama persis. Namun, dua orang siswi SMA N 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila berhasil menemukan alat untuk mendeteksi bakso yang memakai borax. Sangat gampang dan sangat mudah. Hanya bermodal tusuk gigi dan kunyit. Bagaimana caranya..? Baca Juga: Makan Bakso, Lebih Sehat di Tempat Atau Bawa Ke Rumah?

Ambillah kunyit, lalu tusukkan tusuk gigi ke kunyit tersebut. Setelah itu, tusukkan ke bakso yang akan di uji. Tunggu sekitar 5 detik, maka akan terlihat apakah bakso tersebut mengandung borax atau tidak.
Bila makanan itu mengandung borax, maka tusuk gigi akan berwarna merah. Jika baksonya aman, maka warna tusuk gigi tidak berubah. Cukup gampang kan? Cuma bawa-bawa kunyitnya ini yang agak repot, kalau tusuk gigi masih disediakan tukang baksonya. 

Penemuan dua siswi ini telah menghantarkan mereka menjadi juara pertama, dengan merebut emas pada International Exhibition for Young Inventors 2014, sebuah kompetisi inovasi anak. Temuan dua siswi ini dinamakan SIBODEX (stick of boraks detector). Baca Juga: Bahaya Makan Nasi Panas Dengan Ikan Asin

Jika sudah ada alatnya seperti ini, kita sudah lebih yakin untuk makan bakso. Jika sampai menemukan penjual bakso yang mengandung borax, segera tinggalkan dan sebarkan ke teman-teman lainnya agar tidak lagi membeli bakso di tempat tersebut dan segera laporkan ke dinas terkait.

Demikian tulisan kami pada kesempatan kali ini, dan terima kasih telah berkunjung ke blog tanyaOPOO.


.




2 komentar:

miracle of bay mengatakan...

Cara Tes Bakso Mengandung Borax, Ambil Tusuk Gigi dan Kunyit.

Unknown mengatakan...

terimakasih informasinya, jadi bisa hati² saat mau makan bakso.. :)

bagi teman² yang ingin mengoptimalkan fungsi Gadget menjadi sumber penghasilan, mari gabung dengan bisnis Ustad Yusuf Mansur yang InsyaAllah berkah, silahkan pelajari dan daftar disini www.bit.ly/suksesbisnisberkahhidup

wassalam

Posting Komentar