Pages

16 Juni 2014

Kenapa Tidak Boleh Meminum Obat Dengan Susu?

Mungkin tidak banyak yang pernah mendengar tentang judul Kenapa Tidak Boleh meminum Obat Dengan Susu? Jika misalnya pun sudah pernah mendengar, banyak yang tidak tahu persis penyebab tidak boleh meminum obat dengan susu. Jika anda ingin tahu mari kita simak berikut ini.


Obat yang bermasalah di minum dengan susu adalah antibiotik. Itupun hanya 15% antibiotik oral yang tidak boleh di minum bersamaan dengan susu. Menurut Pramono, ahli gizi dari RSUD Banjarmasin, obat antibiotik yang tidak boleh di minum bersamaan dengan susu hanya 15 % saja. Penyebabnya adalah karena antibiotik akan membentuk gumpalan bundar bila bercampur dengan kalsium ion yang terdapat di dalam susu.

Gumpalan yang terlalu besar ini akan susah masuk ke dalam pembuluh darah, malah akan di cerna oleh usus. Sehingga antibiotik tersebut tidak berfungsi sama sekali. Itulah efek atau akibat jika meminum obat berbarengan dengan susu. Jika mau meminum obat sebaiknya dengan air putih. Minumlah susu 2 jam sesudah minum obat.

Sebenarnya ada jenis obat yang justru baik di minum bersamaan dengan susu. Namun, untuk keamanan, sebaiknya minumlah obat dengan air putih secukupnya. Agar fungsi atau efek obat tersebut benar-benar manjur dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Demikian penjelasan mengenai efek meminum obat dengan susu. Jika tidak boleh meminum obat dengan susu atau memang jika berbahaya, sebaiknya hindari demi kesehatan kita.

Baca Kategori KESEHATAN penting lainnya, karena mungkin anda belum tahu sebelumnya.


0 komentar:

Posting Komentar