Pages

18 Mei 2014

Sebaiknya Makanan Dikunyah Berapa Kali?

Ketemu lagi dengan blog tanyaOPOO. Kali ini kita akan membahas jumlah kunyahan yang dianjurkan jika kita sedang  makan. Setelah membaca Ini Akibat Jika Mengunyah Makanan terlalu Cepat, maka kita akan bertanya, memang berapa kali sebaiknya mengunyah makanan itu?


Jumlah kunyahan terhadap makanan yang kita makan tergantung jenis makanannya. Makanan yang kita kunyah mempunyai tekstur yang berbeda. Ada yang lembut dan yang keras dan pastikan agar anda mengunyah sampai makanan terkecil. Menurut para ahli di Ohio State University, jumlah kunyahan berbeda satu sama lainnya. Makanan lembut sebaiknya dikunyah 5-10 kali. Sementara untuk makanan keras sebaiknya dikunyah sebanyak 30 kali.

Dengan demikian, saat makan, luangkan waktu untuk mengunyah makanan sebanyak mungkin. Sehingga makanan anda menjadi lembut dan mudah di cerna oleh usus. Enzim dari makanan akan mudah diserap tubuh. Jika makanan tidak di kunyah sesuai aturan, akan menyebabkan masalah di dalam tubuh.

Itulah penjelasan untuk jumlah kunyahan terhadap makanan dan semoga kita bisa menjalankannya. Karena kondisi kesehatan kita akan sangat tergantung dengan kemauan kita. Ada baiknya kita mengajarkan kepada anak-anak kita agar jangan terburu-buru menelan makanan. Kebiasaan dari anak-anak akan menjadi pola hidup saat mereka sudah besar.  (www.tanyaopoo.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar