Pages

11 Mei 2014

Berapa Gram Kebutuhan Gula Per Hari Untuk Anak?

Kebanyakan jajanan anak yang tersedia di warung-warung mengandung gula. Dalam kemasan makanan tersebut jelas dituliskan komposisi, termasuk jika mengandung gula. Hampir dipastikan makanan-makanan roti kering selalu mengandung gula, walau porsinya berbeda-beda. Selain itu, asupan gula juga banyak ditemukan pada makanan cepat saji, permen, minuman-minuman produk pabrik, seperti jus buah kalengan, softdrink, serta energy drink. Kita sebagai orangtua harus membatasi
agar anak tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula. Walau sebenarnya berat, karena umumnya anak-anak adalah penggemar makanan yang manis-manis.

Meskipun gula memiliki manfaat yang sangat diperlukan tubuh anak, namun takaran pemberian gula harus tepat dan harus sesuai dengan takaran layak konsumsi per hari. Karena jika melebihi takaran, hati-hati, penyakit diabetes akan menyerang anak.

Seperti di kutip dari Okezone health, menurut rekomendasi WHO, anak usia 1-3 tahun disarankan tidak mengkonsumsi lebih dari 25 gram gula tambahan per hari atau setara 5 sendok teh. Sementara anak usia 4-6 tahun, disarankan tidak mengkonsumsi 38 gram gula tambahan atau setara dengan 8 sendok. (baca: Apa Itu Gula Tambahan Dan Gula Alami)

Perkiraan aman untuk konsumsi gula untuk anak adalah 5 sendok teh per hari. Namun, tetap tergantung aktivitas sehari-hari anak.  Jika berlebihan, akan menurunkan fungsi sel darah putih untuk membunuh virus atau bakteri yang merugikan tubuh dan sistem kekebalan tubuh akan berkurang. (www.tanyaopoo.blogspot.com)




0 komentar:

Posting Komentar