Pages

5 Mei 2014

Bahayakah Memasang AC Di Kamar Anak?

Kamar yang dingin menjadi keinginan setiap anak. Mereka akan tidur nyenyak dan tidak rewel, yang tentunya beban orangtua akan berkurang. Tapi jika anda mau pasang AC di kamar anak sepertinya harus berpikir ulang. Kenapa ya?

Sebuah studi mengungkapkan, ruangan yang dingin akan membuat paru-paru anak rentan rusak. Menurut peneliti dari Otago University, gangguan paru-paru anak akan terlihat meskipun hanya tidur semalam di ruangan ber-AC. Ngeri ya....

Setelah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Nevil Pierse ini mengamati lebih dari satu juta pengukur suhu ruangan di 405 rumah di sejumlah kota di Selandia Baru seperti Bluff, Dunedin, Christchurch, Porirua dan Hutt Valley, mereka menemukan bahwa menghabiskan waktu selama satu jam saja di dalam kamar tidur yang suhunya hanya lebih rendah satu derajat dari suhu normal dapat mempengaruhi fungsi paru-paru anak-anak yang sehat.

Dan memang, Organisasi PBB yang membidangi kesehatan dunia, WHO, tidak menganjurkan anak tidur di ruangan yang suhunya di bawah 20 derajat celcius. Jangan hanya karena keinginan anak agar ruangannya dingin sehingga kita mengabaikan kesehatannya. Perlu kita ingat sebagai orangtua, kesehatan anak adalah segalanya. Pengaruh ruangan ber-AC ini tidak langsung nyata kita lihat, tapi akan muncul suatu waktu. Kalau ruangan anak sudah terpasang AC, artinya setiap malam mereka akan terpapar suhu yang dingin. Dan ngerinya, saat mereka tidur nyenyak itulah penyakit mengintai. (tanyaOPOO) 
Baca juga: Udah Besar Masih Ngompol? Atasi Dengan Ini..



0 komentar:

Posting Komentar