Pages

17 Mei 2014

Kenapa Telur Harus Dibersihkan Dengan Air Hangat?

Bagi anda yang selama ini tidak pernah membersihkan telur, mulai sekarang sebaiknya dibersihkan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Kenapa? Telur yang kita beli dari pasar atau warung terkadang masih ada sisa kotoran yang menempel di kulit telur. Takutnya, saat kita mau memasak
telur, saat mau memecahkan telur, sisa kotoran tadi masuk ke dalam wadah yang telah kita sediakan. Untuk itulah, sebaiknya telur dibersihkan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.(baca:Kenapa Telur Harus Dimasukkan Ke Dalam Kulkas?)


Membersihkan telur yang baik adalah dengan mempergunakan air hangat dan dicampur dengan beberapa tetes deterjen cair. Kenapa harus dengan air hangat? Air hangat akan membuat cairan di dalam telur mengembang sehingga air cucian tidak bisa masuk lewat pori-pori. Sementara jika kita menggunakan air dingin, cairan telur justru akan menyusut dan menyerap cairan dari luar dan kuman yang mungkin tercampur di dalam air cucian akan masuk ke dalam telur. (baca: Anda Penggemar Telur, Baca 4 Aturan Atau Tips Berikut)

Penambahan detergen beberapa tetes berfungsi untuk membuat air bersifat asam sehingga kuman yang ada di dalam air akan mati dan terhalang masuk ke dalam telur. Jika kuman masuk ke dalam telur, baik melalui pori-pori ataupun lewat retakan kulit telur akan membuat telur menjadi busuk.(di kutip dari health kompas.com). Informasi seperti ini mungkin sudah pernah kita dengar, tapi terkadang kita terlalu malas untuk melakukannya. Kami menghimbau, sebaiknya kita menjaga kesehatan terlebih kesehatan anak kita karena telur merupakan makanan yang disukai anak-anak. (www.tanyaopoo.blogspot.com)




0 komentar:

Posting Komentar